Bom di Malam Tahun Baru Islam, 15 Orang Tewas

Rabu, 14 November 2012, 16:00 WIB
Bom di Malam Tahun Baru Islam, 15 Orang Tewas
Warga menyaksikan bangunan dan mobil yang hancur akibat terkena serangan bom yang terus melanda Irak.

REPUBLIKA.CO.ID, BAGHDAD -- Serangkaian pemboman yang tampaknya terkoordinasi di Irak menewaskan 15 orang dan melukai puluhan lainnya. Serangan bom terjadi pada Rabu menjelang malam festival menandai Tahun Baru Islam.
Lima bom mobil dan bom pinggir jalan melanda Baghdad dan tiga kota lainnya. Bom kemungkinan akan meningkatkan ketegangan di negara yang baru saja muncul dari perang sektarian brutal.
Ledakan-ledakan paling mematikan terjadi di Kirkuk. Sebuah provinsi kaya minyak yang disengketakan oleh beberapa etnis di Irak utara. Wilayah yang sering menjadi sasaran militan yang berusaha untuk menabur kekerasan komunal.
Dua bom mobil dan bom pinggir jalan di ibu kota Kirkuk menewaskan lima orang dan melukai 34 lainnya. Sementara, kendaraan lain yang berisi bahan peledak menargetkan patroli tentara Irak di kota Hawijah, Provinsi Kirkuk, menewaskan empat orang dan melukai lima lainnya.
Kota Hilla, dekat Selatan Baghdad, juga diguncang serangan bom. Sebuah bom mobil yang diparkir di dekat pasar yang ramai itu menewaskan lima orang dan melukai 35 lainnya.
Bom mobil di Lapangan Firdous Baghdad menewaskan satu orang dan melukai enam orang lainnya. Firdous Baghdad merupakan situs terkenal di seluruh dunia dimana Irak terkenal merobohkan patung Saddam Hussein tak lama setelah invasi tahun 2003 pimpinan AS
Redaktur: Didi Purwadi
Sumber: Antara/AFP

Comments

Popular posts from this blog

alamat social network