Pages

Friday, November 16, 2012


Jose Mujica, Presiden Termiskin di Dunia
Penulis : Ervan Hardoko | Jumat, 16 November 2012 | 06:01 WIB

Jose Mujica, Presiden Termiskin di DuniaBBCJose Mujica, Presiden Uruguay
MONTEVIDEO, KOMPAS.com — Sebagian besar politisi di seluruh dunia, termasuk di Indonesia, biasanya memiliki gaya hidup yang berbeda 180 derajat dengan rakyat pemilihnya. Tinggal di rumah mewah, pakaian mahal, mobil mewah, dan gaji besar. Namun, semua hal itu tidak berlaku bagi Presiden Uruguay, Jose Mujica. Sejak dilantik menjadi presiden pada 2010 lalu, politisi berusia 77 tahun ini layak mendapat gelar presiden termiskin di dunia.

Bagaimana tidak, pria bernama lengkap José Alberto Mujica Cordano ini mendonasikan 90 persen gajinya setiap bulan, yaitu 12.000 dollar AS atau hampir Rp 120 juta, untuk berbagai kegiatan amal. Tak hanya itu, pria yang oleh kawan-kawannya dipanggil Pepe ini juga menolak tinggal di kediaman resmi kepresidenan di ibu kota, Montevideo. Mujica lebih memilih tinggal di tanah pertanian di luar ibu kota. Bahkan, jalan menuju kediaman Mujica belum dilapisi aspal.

Tak ada penjagaan ketat pasukan elite kepresidenan. Hanya dua polisi dan anjingnya yang hanya memiliki tiga kaki, Manuela, yang terlihat mengawasi di pintu masuk pertaniannya. Di pertaniannya, Mujica dan istrinya bahkan menanam sendiri bunga-bunga yang menjadi pemasukan baginya. Apa alasan Mujica memilih hidup sederhana meski jabatannya adalah seorang presiden?

Sumber :"Hampir seluruh hidup saya habiskan dengan cara seperti ini. Saya bisa hidup baik dengan apa yang saya miliki saat ini," kata Mujica sambil duduk di sebuah kursi tua di kebunnya.

Dengan mendonasikan sebagian besar gajinya sebagai presiden untuk rakyat miskin dan pengusaha kecil, maka setiap bulan Mujica hanya menerima kurang dari Rp 800.000.

Pada 2010, ketika kekayaan pribadinya diumumkan—yang merupakan kewajiban pejabat publik Uruguay, saat itu total kekayaan Mujica hanya 1.000 dollar AS atau kurang dari Rp 10 juta. Uang sebanyak itu hanya bisa digunakan untuk membeli sebuah mobil VW Beetle keluaran 1987.

Setelah dua tahun menjadi presiden, kekayaan Mujica memang bertambah. Itu pun setelah dia menambahkan aset milik istrinya berupa tanah, beberapa traktor, dan sebuah rumah. Kekayaannya mencapai 215.000 dollar AS atau sekitar Rp 2 miliar, masih terbilang miskin untuk seorang kepala negara. Bahkan, kekayaan Wapres Daniel Astori dua pertiga kali lebih besar ketimbang orang nomor satu di negeri juara dunia sepak bola pertama kali itu.

Bekas pemberontak

Apa penyebab Mujica begitu miskin? Ternyata, selama 1960-an sampai 1970-an, dia adalah anggota pemberontak Tupamaros, kelompok bersenjata berhaluan kiri yang terinspirasi revolusi Kuba. Dia pernah enam kali tertembak dan mendekam 14 tahun di  penjara. Sebagian besar masa penahanannya dilalui dalam kondisi yang sangat buruk dan dalam sel isolasi. Namun, masa-masa dia dalam penjara itulah yang menurut Mujica membentuk kepribadian dan pandangan hidupnya.

"Saya disebut presiden termiskin di dunia, tetapi saya tak merasa miskin. Orang miskin adalah mereka yang bekerja hanya untuk menjaga gaya hidup mewahnya dan selalu menginginkan lebih," ujarnya berfilosofi.

"Ini adalah masalah kebebasan. Jika Anda tak memiliki banyak barang maka Anda tak perlu bekerja keras untuk mempertahankannya dan bekerja seumur hidup layaknya budak. Dengan cara seperti ini, Anda memiliki lebih banyak waktu untuk diri sendiri," tambah dia.

"Banyak yang mengatakan saya orang tua gila atau eksentrik, tapi ini adalah masalah pilihan," lanjut dia.

Meski banyak mengundang pujian, tetap saja banyak yang mengkritik. Kelompok oposisi mengatakan, pemerintahan Mujica tak bisa meningkatkan kesejahteraan rakyat dan memperbaiki pelayanan publik, khususnya kesehatan dan pendidikan. Akibatnya, popularitas Mujica menurun hingga 50 persen saat ini.

Namun, Mujica tak perlu khawatir soal popularitas. Undang-undang Uruguay membatasi masa jabatan presiden hanya satu kali. Itu berarti, pada 2014 mendatang Mujica akan pensiun dan menghabiskan waktunya menanam bunga ditemani istrinya dan Manuela, si anjing berkaki tiga.
Editor :
Inggried Dwi Wedhaswary

Thursday, November 15, 2012


Pemilik Panti Pijat Dirampok dan Dibacok

Faizal Affandi - Okezone
Kamis, 15 November 2012 23:39 wib wib
Pemilik panji pijat dirampok dan dibacok (Foto: Faiz/Okezone)

Pemilik panji pijat dirampok dan dibacok (Foto: Faiz/Okezone)
BEKASI - Aksi perampokan berutal kembali terjadi. Peristiwa itu, menimpa Yati (40), alias Embre yang membuka praktik panti pijat di daerah Cibitung, Bekasi Jawa Barat.

Perempuan paruh bayah itu, dihujami bacokan senjata tajam disekujur tubuhnya serta uang pulahan juta miliknya raib digondol para perampok.


“Pelaku membawa kabur emas seberat dua gram dan uang jutaan rupiah yang diambil di lemari baju mlik korban,” tutur Kanit Reskrim Polsek Cibitung, AKP Lintar Handayono saat melakukan olah tempat kejadian perkara, Kamis (15/11/2012).

Lanjut dia, pelaku perampokan dan pembacokan diduga saling kenal dengan korban.

"Pelaku sempat mengancam korban, serta menjerat korban sebelum menghujami bacokan," tambahnya.

Sampai saat ini kondisi korban dalam keadaan kritis, dan masih dalam perawatan di Klinik Handayani, Cibitung Kabupaten Bekasi.

Roket Gaza Tewaskan Tiga Warga Israel

Roket Gaza Tewaskan Tiga Warga Israel
Roket Gaza Tewaskan Tiga Warga Israel





















REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Tiga orang tewas Kamis ketika roket yang ditembakkan dari Jalur Gaza menghantam kota Israel selatan Kiryat Malahi, kata juru bicara polisi Israel kepada AFP.

"Kami mendapati tiga orang tewas," kata juru bicara Luba Samri kepada AFP, mdan engatakan bahwa empat orang lainnya juga terluka dalam satu "hantaman langsung pada rumah" di kota yang terletak 15 kilometer (sembilan mil) utara Jalur Gaza.

Serangan-serangan itu roket terjadi di tengah operasi besar militer Israel terhadap gerilyawan Gaza yang dimulai pada Rabu dengan pembunuhan salah seorang pemimpin penting Hamas.

Serangan udara Israel di Jalur Gaza sejak awal operasi telah menewaskan 11 warga Palestina, termasuk Ahmed Jaabari, komandan operasional sayap bersenjata Hamas, dan yang terluka setidaknya 100, kata pejabat medis.

Sementara itu para menteri luar negeri Arab akan bertemu pada Sabtu di markas Liga Arab di Kairo untuk membahas serangan Israel terhadap Gaza, kata Wakil Ketua Liga Arab Ahmed Ben Helli kepada Reuters.

"Liga Arab menyerukan menteri-menteri luar negeri Arab untuk mengadakan pertemuan di Kairo Sabtu ini guna menyelidiki serangan Israel terhadap Jalur Gaza," kata Ben Helli, Rabu. Komentarnya yang juga disiarkan oleh kantor berita Mesir MENA.

Israel melancarkan serangan besar terhadap gerilyawan Palestina di Gaza, Rabu, menewaskan komandan militer Hamas dalam serangan udara dan mengancam invasi ke wilayah kantong yang kelompok pejuang tersebut bersumpah akan "membuka gerbang neraka".

Pejabat senior Liga Arab yang menangani urusan Palestina, Mohammed Sobeih, mendesak para menteri Arab untuk membuat keputusan kuat dari pertemuan mereka mendatang itu.

"Kami (warga Palestina) mendesak negara-negara Arab untuk bersikap jelas dan kuat yang akan menekan dunia untuk memaksa Israel menghentikan serangan-serangannya," kata Sobeih kepada Reuters.

Otoritas Palestina mendesak Dewan Keamanan PBB untuk mengambil sikap atas serangan Israel di Jalur Gaza itu, yang disebutnya merupakan "tindakan kriminal ilegal".

Tips Cara Mencari Pacar

Diposkan oleh Wanda Dc on Selasa, 04 September 2012
tips cari pacar
tips cari pacar
  Tips Mencari Pacar. Namanya manusia kalo gk punya pacar, rasanya gimana gitu. Setiap manusia normal yang belum punya pacar pastinya ingin cepat-cepat punya pacar. Sangat wajar menginginkan kekasih yang sempurna secara fisik/kepribadian. Tapi dalam kenyataannya mencari pacar emang gk segampang yang dikira.  Punya pacar lebih dari satu, enak gak ya?  Enak kali ya  hahaha....
  Jika ingin punya pacar dengan spesifikasi tertentu yang jarang ada di sekitar anda, maka artikel tulisan ini tidak cocok untuk anda. Namun jika anda mau menerima apa adanya yang ada dulu, maka anda perlu baca artikel ini agar anda segera menemukan soul mate anda yang hingga saat ini entah ada di mana. Buang segala impian anda untuk menikah dengan putri nan cantik jelita karena mungkin cinta anda ada di gadis yang biasa-biasa saja.  Cara mencari pacar ini buat yang lagi jomblo aja ya. Yang udah punya pacar jangan dicoba, kan situ dah jago. Lagian kasian teman-teman yang masih ngejomblo. hahaha...

  Berikut ini akan saya berikan beberapa tips mencari pacar dan semoga saja bermanfaat untuk kamu yang lagi ngejomblo :

1. Cari dulu Target Yang Mau Dijadikan pacar
  Kalo perlu siapkan daftar nama-nama yang ingin kita dekati. Cari yang masih single, jangan cari yang udah punya pacar. Ntar gak dapat pacar malah dpt tonjokan dari pacarnya. hahaha.. Cari penampilan fisik yang biasa saja atau kurang menarik perhatian, dan orangnya baik, belum pernah pacaran, doi mau punya pacar, dan lain-lain. Coba 5 orang saja misalnya 3 cewek di lingkungan sekolah/kampus/kantor dan 2 orang di lingkungan tempat tinggal. Ehh iya, Targetnya jangan banyak-banyak ntar aku gk kebagian.

2. Pendekatan
  Lakukan pdkt terhadap cewek-cewek tersebut dengan berbagai cara yang baik dan ingat baik-baik respon yang diberikan ke kita. Selama pedekate mungkin butuh sedikit modal untuk ngajak jalan, untuk pulsa telepon, untuk oleh-oleh, dan lain sebagainya. Jangan sampai cewek target kita tahu bahwa kita sedang pedekate dengan gadis selain dia dengan tetap waspada akan jarak yang mungkin berdekatan. Jaga jarak aman bro.

3. Evaluasi dan Seleksi
  Setelah proses pendekatan berakhir, waktunya beralih ke pemilihan kandidat calon pacar kita mana yang paling kita anggap cocok dan kita sukai. Yang pasti pilih yang paling menyenangkan, rajin ibadah, baik, tidak matre, fisiknya baik, sifatnya bagus, sopan, santun, dan lain-lain. Buat urutan dari yang paling bagus ke yang kurang bagus.

4. Ungkapkan perasaan Cinta dan Keseriusan Anda Kepadanya
  Setelah menjatuhkan pilihan maka segera nyatakan bahwa anda suka kepada dan ingin menjadi pacarnya. Jika dia selama ini ingin punya cowok maka kemungkinan dia akan menerima kita. Jika pilihan kita ternyata belum mau menerima kita, maka coba lagi ke urutan pilihan yang kedua dan seterusnya hingga dapat. Jika belum dapat mungkin nasib anda belum beruntung. hahahaha...

5. Selanjutnya Terserah Anda
  Kalo dah sukses dapetin pacar perlakukan dia sebaik mungkin, inget waktu kamu susah-susah carinya. Mencari kandidat lain, dan lain sebagainya mungkin masih wajar asalkan jangan sampai menyakitinya. Yang paling penting dari semua proses yang ada adalah anda akan mendapatkan pengalaman yang berharga untuk mendekati wanita-wanita single yang sesuai dengan apa yang anda impikan.
Saya kira cukup jelas penjelasan mengenai cara mendapatkan pacar dengan mudah ini.

tips cari pacar
tips cari pacar

Semoga saja Cara Mencari Pacar yang saya berikan bisa membawa manfaat buat yang sedang kesulitan cari pacar. hahaha..

Di Depan Karyawan eks BP Migas, Wamen ESDM Menangis
Penulis : Didik Purwanto | Kamis, 15 November 2012 | 21:14 WIB

KOMPAS Images/M AWALUDDIN FAJRIIlustrasi: Suasana kantor BP Migas Sumsel yang terletak di Jalan Demang Lebar Daun, Palembang, Rabu (14/11/2012). Aktifitas kantor tetap berjalan seperti biasa menyusul keluarnya keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) untuk membubarkan BP Migas karena dianggap bertentangan dengan UUD 1945. TRIBUN SUMSEL/M AWALUDDIN FAJRI

JAKARTA, KOMPAS.com -
 Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Rudi Rubiandini telah menjelaskan nasib eks karyawan Badan Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (BP Migas) di lantai sembilan Gedung City Plaza Jakarta hari ini.
Namun Rudi membacakan keputusan Menteri ESDM dengan menangis. Ada apa? "Saya terharu bukan karena saya pernah di BP Migas, tapi saya terharu karena negara ini butuh tangan-tangan kuat untuk menjalankan industri hulu untuk menjaga sektor energi," kata Rudi saat memberikan sambutan di City Plaza Jakarta, Kamis (15/11/2012).
Rudi Rubiandini datang bersama dengan Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM Evita H Legowo dan jajarannya. Rudi ini memang sebelumnya pernah menjabat sebagai Deputi Pengendali Operasi BP Migas.
Semula, Menteri ESDM Jero Wacik yang dijadwalkan menghadiri pertemuan tersebut. Namun kemudian pertemuan dengan menteri itu diundur hari Senin mendatang, dengan pertimbangan sedang ada peringatan Tahun Baru Islam.
"Kesedihan saudara adalah kesedihan saya. Setelah putusan Mahkamah Konstitusi (MK), saya tidak hadir di berbagai media, karena saya sedang berduka. Saya bekerja di dapur dengan semuanya untuk merumuskan solusi terbaik, semua membantu saya," kata Rudi sambil menahan tangis.
Sebelum mengakhiri sambutannya, Rudi berpesan kepada eks karyawan BP Migas bahwa mereka harus tetap berpikiran jernih melihat kasus tersebut.
"Tetaplah berjuang untuk bangsa dan negara. Semua karyawan eks BP Migas harus bekerja demi industri migas, agar tidak stagnan. Ekspor LNG, ekspor minyak dan penandatanganan kontrak akan 'on' lagi," ujarnya.  
Editor :
Benny N Joewono


Rossi Gembira dengan Yamaha, Kecewa Terhadap Cuaca

Doni Wahyudi - detiksport


Getty Images
Valencia - Bisa kembali mengendarai motor Yamaha memunculkan kegembiraan besar buat Valentino Rossi. Namun, The Doctor tak bisa menutupi kekecewannya karena comeback-nya terganggu cuaca buruk.

Setelah dua tahun membela Ducati, Rossi kembali menunggangi motor Yamaha pada Selasa (13/11/2012) kemarin di Sirkuit Ricardo Tormo Valencia dalam sebuah sesi ujicoba. Malang buat Rossi, di kesempatan tersebut dia tak bisa memaksimalkan motornya karena lintasan basah akibat hujan yang turun.

Keputusan pindah ke Sirkuit Aragon di hari kedua sesi ujicoba ternyata juga sia-sia lantaran hujan juga turun di sana. Di tengah kegembiraannya kembali bergabung dengan Yamaha, Rossi dibuat kecewa oleh kondisi cuaca di Spanyol, yang memaksanya menunda keinginan mengenal kembali motornya.

"Kemarin saya bisa melahap 30 lap dalam kondisi sangat basah dan perasaan saya bagus. Menyenangkan bisa kembali, saya merasakan hal yang baik dengan motornya. Tapi Yamaha memutuskan pindah ke sini (Aragon), karena berdasar ramalan cuacanya akan lebih baik, tapi sayangnya tidak," sahut Rossi di Crash.

Gagal mendapatkan lintasan kering untuk berujicoba, Rossi harus menunggu hingga awal tahun depan untuk kembali bisa menunggangi Yahama. Di 2013, ujicoba pertama bakal digelar di Malaysia.

"Sangat penting untuk Yamaha membuat beberapa lap di lintasan kering untuk mengetahui dua atu tiga hal untuk motor musim depan. Tapi sekali lagi itu tak memungkinkan di Aragon ini. Sekarang kami harus menunggu hingga Februari," lanjut Rossi.

Planet Krypton Rumah Superman "Ditemukan"
Penulis : Yunanto Wiji Utomo | Rabu, 7 November 2012 | 09:58 WIB
DC ComicSalah satu bagian dalam Action Comic Superman 14, dimana Superman meminta bantuan astrofisikawan Neil deGrasse Tyson untuk mencari planet asalnya.
NEW YORK, KOMPAS.com — Komik Superman menceritakan bahwa superhero itu lahir di Planet Krypton. Karena planet akan mengalami kehancuran, ayah Superman bernama Jor-El mengirimkannya ke Bumi. Sepasang suami istri kemudian membesarkannya sebagai Clark Kent.

Hadir selama puluhan tahun, beragam versi cerita Superman belum pernah sama sekali menyinggung letak Planet Krypton. Action Comic Superman #14 berjudul Star Light Star Bright yang terbit pada Rabu (7/11/2012) hari ini di Amerika Serikat akan menjadi buku pertama yang menguaknya.

Cerita terbaru tentang Superman itu mengisahkan kerinduan sang superhero akan rumahnya serta keinginan untuk mencarinya. Komik menceritakan, Superman datang ke planetarium setiap 382 hari, waktu yang menunjukkan periode Planet Krypton.

Kisah tentang Superman dan Planet Krypton memang fiktif belaka. Namun, komik kali ini menjadi hidup sebab mengikutsertakan astronomi untuk mengetahui letak Krypton. Astrofisikawan Hayden Planetarium, Neil deGrasse Tyson, "menemukan" letak Krypton di semesta.

Tyson menggunakan data-data dari DC Comic untuk mengetahui letak Planet Krypton. Ia menemukan, Krypton berada di konstelasi Corvus, berjarak 27,1 tahun cahaya dari Bumi. Planet mengorbit bintang katai merah yang lebih kecil dan dingin daripada Matahari, LHS 2520.

Neil yang juga muncul dalam komik seperti dikutip New York Post, Senin (5/11/2012), mengatakan, "Sebagai seorang warga Metropolis, saya senang bisa membantu Superman yang telah melakukan banyak hal untuk kota saya selama bertahun-tahun."

Sementara Dan DiDio dari penerbit DC Entertainment mengungkapkan, "Dengan mengaplikasikan sains yang sebenarnya pada cerita, dia (Neil) mengubah tempat kelahiran Superman dalam sejarah. Kini fans bisa melihat ke langit malam dan mengatakan 'Itu tempat Superman dilahirkan.'"

Bintang yang menjadi induk planet milik Superman bisa dilihat di langit malam sebenarnya. Bintang tepatnya ada pada koordinat asensio 12 jam 10 menit 5,77 detik, deklinasi -15 derajat 4 menit 17,9 detik, dan gerak 0,76 arcsecond per tahun.
Sumber :
The New York Post
Editor :
yunan

Tommy Gagal Ikut Jejak Sony, Tunggal Putri Habis
Rabu, 14 November 2012 | 21:30 WIB

|
Share
KOMPAS/TOTOK WIJAYANTOTommy Sugiarto
JAKARTA, Kompas.com - Tommy Sugiarto gagal mengikuti jejak Sony Dwi Kuncoro, yang lolos ke babak kedua turnamen China Terbuka Superseries Premier. Dalam pertandingan di Yuan Shen Gymanisum, Shanghai, Rabu (14/11/2012), Tommy ditaklukkan pemain tuan rumah yang merupakan unggulan kedua, Chen Jin.

Tommy sempat menguak harapan untuk bertahan di turnamen berhadiah 400.000 dollar AS ini setelah meraih kemenangan 21-17 di game pembuka. Sayang, di dua game selanjutnya putra dari Icuk Sugiarto ini tak mampu membendung Chen Jin, yang menang 21-18, 21-18. Chen Jin pun lolos untuk bertemu pemenang antara Kento Momota (Jepang) dengan Hu Yun (Hongkong).

Gagal Tommy membuat Sony menjadi satu-satunya harapan Indonesia untuk meraih gelar tunggal putra turnamen ini. Sony lolos setelah menaklukkan unggulan keempat dari China, Du Pengyu. Selanjutnya, Sony kembali bertemu pemain tuan rumah, Wang Zhengming, untuk memperebutkan tiket ke babak perempat final.

Tunggal putri habis


Dari sektor tunggal putri, Indonesia tak memiliki wakil karena dua pemain sudah langsung tersingkir di babak pertama. Aprilla Yuswandari dan Desi Hera tak mampu melewati hadangan para pemain tuan rumah.

Aprilla harus mengakui kehebatan unggulan utama, Wang Yihan, yang mengalahkannya dua game langsung 21-15, 21-19. Setali tiga uang, Desi pun dipaksa menyerah dua game langsung 13-21, 15-21 saat bertemu unggulan kedelapan, Jiang Yanjiao.

Dengan demikian, hanya lima wakil Indonesia yang bertahan untuk tampil di babak kedua, Kamis (15/11), yaitu dua dari ganda campuran, satu ganda putra, satu ganda putri dan satu tunggal putra.

Dua ganda campuran yang lolos adalah pasangan terbaik Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir (unggulan 3) serta Riky Widianto/Puspita Richi Dili, sedangkan di sektor ganda putra adalah Alvent Yulianto Chandra/Markis Kido, dan di sektor ganda putri Gebby Ristiyani Imawan/Tiara Rosalia Nuraidah, yang menang 21-23, 21-16, 21-14 atas pasangan Rusia, Anastasia Prokopenko/Nina Vislova. Satu wakil lainnya adalah Sony di nomor tunggal putra.

Sumber :
tournamentsoftware
Editor :
Aloysius Gonsaga Angi Ebo


Semua Sekolah di Jakarta Bermasalah karena...
Penulis : Indra Akuntono | Rabu, 14 November 2012 | 14:43 WIB


WARTA KOTA/ANGGA BNWakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.

JAKARTA, KOMPAS.com 
 Semua sekolah, terutama di Jakarta, bermasalah. Demikian penilaian Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama di sela-sela kunjungannya ke SMA Negeri Unggulan MH Thamrin, Jalan Bambu Apus, Cipayung, Jakarta Timur, Rabu (14/11/2012).

Apa yang membuatnya menilai demikian?

"Sebetulnya semua sekolah di Jakarta itu bermasalah karena NEM dijadikan tolok ukur penerimaan," kata Basuki.

Ia menjelaskan, semua sekolah kini mengedepankan hasil nilai ujian untuk menyeleksi siswa barunya. Sementara itu, di sisi lain, banyak siswa miskin yang memiliki kemampuan standar atau bahkan di bawah rata-rata, tetapi ingin merasakan pendidikan berkualitas di sekolah yang baik.

Menurutnya, anak-anak yang berasal dari keluarga mampu selalu dapat mengikuti les atau bimbingan belajar di luar jam sekolah. Walau demikian, siswa dari keluarga miskin sulit merasakan hal serupa karena harus bergumul dengan kesulitan hidup yang menghimpit.

"Para siswa yang mengikuti les pasti anak orang kaya dan nilainya pasti bagus. Lalu bagaimana dengan anak-anak miskin?" tandasnya.

Banyak sekolah, khususnya yang memiliki label rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI), tidak dapat memenuhi instruksi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yang mengharuskan sekolah memberikan 20 persen kursinya untuk anak-anak tidak mampu. Alasannya beragam, mulai dari sekolah yang mempersempit akses siswa miskin, hingga karena siswa miskin "ketakutan" belajar di sekolah unggulan karena khawatir dengan tekanan sosial setelahnya.
Editor :
Caroline Damanik

Wednesday, November 14, 2012



Disiplin Tim Nasional Penuh Masalah

Antara/Yudhi Mahatma

Manusia Indonesia dikenal lemah soal disiplin. Contoh mudah terlihat dari tingginya pelanggaran lalu-lintas di Indonesia. Tapi hal itu bukan salah mutlak para pelanggar, tetapi juga buruknya penerapan aturan dan sistem pengawasan.

Itu sebabnya, pelanggaran disiplin juga sering terjadi di tim sepak bola Indonesia — termasuk timnas. Yang masih hangat, kasus penganiayaan yang diduga dilakukan pemain belakang Diego Michiels. Ironisnya, Diego yang ditengarai melanggar jam malam hanya dihukum ringan berupa denda uang saku harian sebesar Rp500 ribu. Bahkan pemain blasteran tersebut dilindungi oleh PSSI dari jeratan hukum.

Ini bukan kali pertama Diego berulah. Agustus silam, dia kabur dari pusat pelatihan dan memilih memperkuat Arema IPL. Secara teknik boleh jadi dia bagus, tapi tidak secara sikap. Lemahnya disiplin pemain diperparah dengan buruknya pendirian PSSI dan manajemen timnas.

Diego salah satu potret pemain yang tak punya kesadaran sebagai sosok profesional. Problem ini makin lengkap oleh sikap staf tim yang tak membangun. Menanggapi kasus Diego, manajer tim Habil Marati (baru) akan mengetatkan pengawasan dan jam malam kepada seluruh pemain. Mengapa ini tidak dilakukan sejak awal pelatihan? Atau mengapa Diego masih dipanggil ke timnas?

Menjadi menarik bila menyimak pernyataan pemain senior Bambang Pamungkas terkait disiplin tim beberapa tahun silam. Menurut pengalamannya, masa kepelatihan Ivan Kolev di timnas sekitar Piala Asia 2007 adalah yang paling ketat.

"Kolev bersama asisten pelatih Syamsuddin Umar rajin mengontrol tiap kamar para pemain pada malam hari. Pengawasan disiplinnya sangat ketat," ungkap Bambang ketika itu.

Kuncinya memang hanya pengawasan. Setiap orang, termasuk pemain sepak bola, selalu punya kecenderungan melanggar aturan. Jadi ketika ada kasus pelanggaran disiplin, cara kerja manajemen staf tim patut dipertanyakan.

Jika mau, Indonesia bisa belajar pada Meksiko. Hanya hitungan hari sebelum berlaga di Piala Amerika (Copa America) 2011, manajemen tim nasional Meksiko berani mencoret delapan pemain yang diduga memasukkan sejumlah wanita ke kamar tempat mereka menginap.

Ketegasan sikap seperti Meksiko itulah yang nyaris tak pernah dilakukan oleh Indonesia. Mungkin karena budaya permisif, sejumlah pembangkangan hanya mendapat sanksi ringan — bahkan pemakluman. Padahal lemahnya pengawasan dan sanksi justru hanya akan melahirkan preseden buruk. Apalagi bila dilengkapi dengan jeleknya manajemen waktu yang diterapkan kepada tim.

Di masa depan, bukan tidak mungkin muncul Diego-Diego yang lain.

Lihatlah betapa seringnya tim Indonesia berlatih dengan formasi tidak lengkap karena 1-2 pemain terlambat tiba di tahap awal. Tanpa sanksi tegas, hal seperti ini akan rutin terulang dan dianggap enteng oleh para pemain. Kasus Diego hanya puncak gunung es.

Pada 2004, ada kasus indisipliner yang luput dari perhatian publik. Waktu itu, timnas Indonesia berpeluang lolos ke perempat final Piala Asia. Mereka hanya membutuhkan hasil imbang melawan tuan rumah Cina di partai pamungkas penyisihan Grup A. Namun semalam sebelum pertandingan, rombongan wartawan Indonesia bertemu dengan sekelompok kecil pemain Indonesia di sebuah tempat hiburan di Beijing.

Agak aneh melihat para pemain Indonesia berkeliaran di malam hari. Apalagi sehari sebelum menjalani partai krusial. Kepada wartawan yang memergoki, seorang pemain dari kelompok kecil tersebut meminta agar hal ini tidak dibocorkan kepada manajemen tim. Keesokan harinya, terlepas dari faktor teknik, Indonesia dibantai Cina 0-5 dan gagal melaju ke perempat final.

Bila persoalan disiplin di luar lapangan tidak tertangani dengan baik maka hal yang sama dapat terjadi dengan mudah di dalam lapangan. Dan akan sangat berisiko bila terjadi dalam sebuah pertandingan — yang sanksinya begitu tegas. Semoga yang ini tidak terjadi.

*Penulis adalah pecinta sepak bola. Biasa beredar di duna maya dengan akun Twitter @hedi

2028: Akhir Dunia?

"Tidak ada yang radikal tentang hal yang kita bicarakan," tutur jurnalis dan aktivis perubahan iklim Bill McKibben di hadapan 1.000 orang di University of California Los Angeles kemarin malam. "Orang yang radikal bekerja untuk perusahaan minyak."

Pernyataan seperti itu mungkin terdengar berlebihan bagi kebanyakan orang Amerika. Namun, siapa pun yang mengikuti penuh kuliah McKibben akan tahu dia tidak berlebihan.

McKibben berada di Los Angeles sebagai bagian dari tur nasionalnya, "Do the Math". Berdasarkan artikel terbarunya di Rolling Stone, ("Dengan Justin Bieber sebagai model sampulnya," canda McKibben) acara itu pada dasarnya adalah sebuah rangkaian kuliah yang didasarkan pada premis tunggal: perubahan iklim adalah matematika sederhana — dan hasil perhitungan tidak terlihat baik. Jika para pemimpin dunia tidak segera mengambil tindakan: "Planet ini akan hancur."

Matematika iklim, McKibben menjelaskan, bekerja seperti ini. Pemimpin dunia baru-baru ini mencapai suatu perjanjian internasional yang didasarkan pada pemahaman ilmiah bahwa kenaikan suhu global 2 derajat Celsius akan menimbulkan bencana bagi masa depan umat manusia.

Untuk mencapai temperatur global yang mengkhawatirkan itu, bumi melepaskan 565 gigaton karbon dioksida ke atmosfer. Inilah masalahnya: perusahaan bahan bakar fosil saat ini memiliki 2.795 gigaton karbon dioksida dalam cadangan bahan bakar mereka — dan bisnis mereka tergantung pada bahan bakar yang dipasarkan dan digunakan. Pada tingkat konsumsi saat ini, dunia akan melewati ambang batas 565 gigaton dalam waktu 16 tahun.

Untuk mencegah kiamat, industri yang paling menguntungkan dalam sejarah umat manusia justru perlu ditutup.

"Malam ini," kata McKibben, "kita akan mencecar industri bahan bakar fosil."

Bukan hal yang mudah. Industri minyak memberikan keuntungan tahunan sebesar $137 miliar (sekitar Rp1,3 kuadriliun) dan kekuasaan politik. McKibben mencatat, "perusahaan minyak patuh hukum karena mereka bisa mendikte hukum."

Namun, ada beberapa angka yang menguntungkan McKibben. Jajak pendapat terbaru menunjukkan 74 persen orang Amerika sekarang percaya pada perubahan iklim, dan 68 persen menganggap itu sebagai sesuatu yang berbahaya. Masalah yang dihadapi aktivis lingkungan adalah bagaimana menerjemahkan angka-angka itu menjadi tindakan nyata.

Munculah  "Do the Math."

Menggunakan popularitas McKibben sebagai seorang penulis, kegiatan kuliah diubah menjadi mesin politik. Sebelum mengadakan kuliah umum, Do the Math dengan cerdas bekerja sama dengan kelompok-kelompok lingkungan setempat. Sebelum perkuliahan McKibben dimulai, kelompok-kelompok ini diperbolehkan naik ke atas panggung dan berbicara tentang isu-isu setempat yang perlu diperjuangkan.

Informasi kontak dikumpulkan untuk menjaga penonton selalu mengetahui upaya terbaru tentang isu-isu tersebut. Para penonton ternyata tidak hanya menjadi pendengar kuliah McKibben, mereka tiba-tiba menjadi bagian dari gerakan lokal lingkungan mereka.

Ini adalah strategi cerdas, dan penting — karena masalah perubahan iklim hampir secara eksklusif bersifat politis. Antara energi yang dapat diperbaharui dan teknik yang lebih efisien, teknologi sudah ada untuk mencegah bencana pemanasan global.

Meskipun penerapannya di Amerika Serikat masih tertinggal, teknologi itu sedang digunakan dalam skala massal di negara-negara lain. Di Cina dengan populasi miliaran dan kesenjangan kekayaan yang luar biasa, 25 persen negara itu masih menggunakan panel surya untuk memanaskan air. Jerman — negara dengan perekonomian kuat di Eropa — selama hampir satu dekade, berhasil mendapatkan setengah energi dari sumber yang berkelanjutan.

Hal yang sama bisa terjadi di Amerika asalkan negara itu memiliki kemauan untuk mewujudkannya. Menurut McKibben, kunci untuk mewujudkan tujuan itu adalah dengan memerangi industri bahan bakar fosil dari akarnya.

Untuk memulainya, dia menyerukan pembebasan global dari perusahaan bahan bakar fosil. "Kami meminta orang-orang yang percaya pada masalah perubahan iklim untuk menghentikan mencari nafkah dari itu. Sama seperti dengan gerakan pembebasan apartheid di Afrika Selatan, kita harus mengeliminasi perusahaan minyak yang dianggap terhormat. "

Melanjutkan aksi protes terhadap proyek-proyek energi yang tidak berkelanjutan juga akan sangat penting. McKibben akan berada di Washington, D.C. pada 18 November untuk memimpin unjuk rasa menentang perubahan iklim dan Keystone Pipeline. "Kita tidak bisa lagi hanya berasumsi bahwa Presiden Obama akan melakukan segala yang dijanjikannya selama kampanye. Kita perlu mendorongnya. "

"Saya tidak tahu apakah kita akan menang. Namun, saya tahu kita akan berjuang.”


10 SITUS WEB YANG PALING SERING DIKUNJUNGI




worlds most visited website
anda pasti bertanya-tanya apa yang membuat Yahoo atau Google berbeda dari jutaan situs web yang sama? Apakah kepemimpinan manajemen puncak atau proses berpikir visioner pemiliknya atau keberhasilan dikaitkan dengan beberapa teknik pemasaran yang hebat? Kami akan mengambil sedikit penjelasan dari buku-buku dari beberapa website yang paling sering dikunjungi dunia dan mencoba untuk mencari tahu apa sebenarnya yang menjadi alasan kesuksesan mereka sekarang dan semua orang di balik nama-nama situs ini...berikut sejarah 10 situs tersebut.....
most visited websites yahoo1. Yahoo - Dimulai oleh Jerry Yang dan David Filo pada 1994-keduanya lulusan stanford, Yahoo pada dasarnya sebuah situs pribadi yang bernama-'‘Jerry’s guide to World Wide Web’. kemudian dinamai resmi Yet Another Hierarchical Oracle (YAHOO). Dengan berjalannya waktu, Yahoo menambahkan teknologi baru, dan dengan nama domain yang menarik, menarik pengunjung hampir 16 miliar per tahun, menjadikannya berkuasa di antara situs web yang paling sering dikunjungi sepanjang masa.
most visited websites google
2. Google - gagasan lain dari lulusan stanford, Google adalah hasil ide Brim Sergey dan Larry Page. Mereka telah membuat suatu 'web crawler' sebagai bagian dari proyek akademik mereka dan kemudian berevolusi algoritma untuk membuat salah satu mesin pencari paling efisien di dunia. Google dimulai pada tahun 1998, dan kemudian mendunia dan merupakan salah satu situs yang paling sering dikunjungi di dunia. Google sendiri mempunyai banyak perusahaan dan situs lainnya, yang kemudian juga menjadi salah satu website yang paling sering dikunjungi di dunia. Karena ide-ide inovatif komersial (adwords dan adsense menjadi yang kedua paling terkenal), hingga saat ini Larry dan Sergey memiliki kekayaan bersih lebih dari 18 milyar USD .
most visited websites youtube
3. Youtube merupakan anak perusahaan dari Google, Youtube pada awalnya dimulai oleh tiga Paypal karyawan-Chad Hurley, Jawed Karim dan Steve Chen pada tahun 2005. banyaknya permintaan membuat situs ini segera menjadi salah satu situs web yang paling sering dikunjungi. beberapa tahun kemudian, google menjual youtube kepada penciptanya dan berdiri sendiri
most visited websites live
4. Live.com diluncurkan oleh MSN way back pada tahun 2005 sebagai salah satu jendela pertama layanan pengalaman pribadi. Dapat disesuaikan dengan gadget dan perangkat mini lainnya, Live juga memungkinkan pengguna untuk memiliki RSS feed, yang memungkinkan pengguna untuk melihat berita terbaru langsung pada desktop dan gadget lain yang terhubung. Semata-mata penggunaan teknologi terlihat hidup meroket menuju kesuksesan dan menjadi salah satu situs web yang paling sering dikunjungi di dunia.

5. Facebook ..Kita melihat begitu banyak situs jaringan sosial di dunia. Facebook.com adalah salah satu pelopor dalam bidang ini. Konsep ini didirikan dan dirancang oleh mahasiswa harvard-Mark Zuckerberg. Situs ini diluncurkan untuk mahasiswa Harvard pada tahun 2004 dan konsep itu kemudian diperluas ke perguruan tinggi dan universitas lain dan akhirnya membuat tersedia bagi siapa saja yang lebih dari 13 tahun. Dengan lebih dari 110 juta pengguna aktif, Facebook.com jelas dalam daftar dunia website yang paling sering dikunjungi.

6. MSN Hampir setiap pengguna internet yang akrab dengan MSN. Situs ini telah ada sejak dulu, dan popularitasnya terutama disebabkan oleh kehadiran dari MSN berlanjut di seluruh dunia. Diluncurkan kembali pada 1995, MSN atau the Microsoft Network sukses besar, dan bahkan hari ini. Nathan Myrvohld adalah orang yang paling bertanggung jawab untuk memberikan bentuk konkret konsep ini kembali kemudian dan membuatnya menjadi salah satu situs web yang paling banyak dikunjungi sepanjang masa.

7. Myspace... Myspace adalah satu lagi situs jaringan sosial, dengan beberapa perbedaan. Brad Greenspan, CEO dan pendiri euniverse, telah bekerjasama dengan karyawan lainnya dari perusahaan yang sama untuk meniru keberhasilan Friendster dengan perubahan. Bahwa perubahan itu dalam bentuk warna-warna cerah, fitur yang lebih baik dan lebih banyak kegembiraan, membuat keberhasilan Myspace instan.

8. Wikipedia Didirikan sebagai pelengkap versi Naupedia (yang bebas dalam pembuatan), Wikipedia telah sukses besar. Sebagai anak otak Jimmy Wales (pendiri Naupedia) dan rekan kerja Larry Sanger, Wikipedia menarik hampir 700 juta pengunjung setiap tahunnya dan merupakan upaya kolaborasi untuk memberikan pengetahuan kepada semua orang secara gratis. Sebuah situs sangat dicintai oleh para sarjana dan orang awam yang sama, sudah pasti akan bertahan selama bertahun-tahun banyak dalam daftar situs paling sering dikunjungi di dunia.

9. Blogger.com diluncurkan oleh Pyra laboratorium pada tahun 1999 dan diambil alih oleh Google pada tahun 2003. Menjadi salah satu layanan blogging gratis tertua, hal ini telah menjadi salah satu situs web yang paling sering dikunjungi era modern.

10. Baidu Sebagai situs favorit di negara yang paling padat penduduknya, Baidu.com jelas salah satu website yang paling sering dikunjungi di dunia. Konsep mesin pencari yang mengkhususkan diri dalam musik dan gambar (multimedia) pencarian yang bar

Sumber:http://topten-allworld.blogspot.com





Bom di Malam Tahun Baru Islam, 15 Orang Tewas

Rabu, 14 November 2012, 16:00 WIB
Bom di Malam Tahun Baru Islam, 15 Orang Tewas
Warga menyaksikan bangunan dan mobil yang hancur akibat terkena serangan bom yang terus melanda Irak.

REPUBLIKA.CO.ID, BAGHDAD -- Serangkaian pemboman yang tampaknya terkoordinasi di Irak menewaskan 15 orang dan melukai puluhan lainnya. Serangan bom terjadi pada Rabu menjelang malam festival menandai Tahun Baru Islam.
Lima bom mobil dan bom pinggir jalan melanda Baghdad dan tiga kota lainnya. Bom kemungkinan akan meningkatkan ketegangan di negara yang baru saja muncul dari perang sektarian brutal.
Ledakan-ledakan paling mematikan terjadi di Kirkuk. Sebuah provinsi kaya minyak yang disengketakan oleh beberapa etnis di Irak utara. Wilayah yang sering menjadi sasaran militan yang berusaha untuk menabur kekerasan komunal.
Dua bom mobil dan bom pinggir jalan di ibu kota Kirkuk menewaskan lima orang dan melukai 34 lainnya. Sementara, kendaraan lain yang berisi bahan peledak menargetkan patroli tentara Irak di kota Hawijah, Provinsi Kirkuk, menewaskan empat orang dan melukai lima lainnya.
Kota Hilla, dekat Selatan Baghdad, juga diguncang serangan bom. Sebuah bom mobil yang diparkir di dekat pasar yang ramai itu menewaskan lima orang dan melukai 35 lainnya.
Bom mobil di Lapangan Firdous Baghdad menewaskan satu orang dan melukai enam orang lainnya. Firdous Baghdad merupakan situs terkenal di seluruh dunia dimana Irak terkenal merobohkan patung Saddam Hussein tak lama setelah invasi tahun 2003 pimpinan AS
Redaktur: Didi Purwadi
Sumber: Antara/AFP

coreldraw

Membuat ID Card

Publish: 23 Oktober 2012 | Author & Copyright: Johan | Status: FREE Coreldraw tutorial

Pada tutorial desain grafis kali ini saya akan mencoba berbagi cara membuat ID Card. ID Card biasanya dipakai oleh karyawan perusahaan dan panitia suatu event yang fungsinya sebagai tanda pengenal. 
Langkah - langkahnya :

1. Buka aplikasi Coreldraw anda, Klik File > New (Ctrl + N) 

2. Buat kota untuk bezel id card anda, disini saya memakai ukuran ID Card sebagai contoh yaitu panjang80 mm x lebar 50 mm
id card setting
warnai dengan menekan F11 untuk masuk ke Fountain Fill 
warnai seperti ini
fountain fill

3. Dengan Pen Tool di corel buatlah suatu bangun segitiga seperti ini dan warnai dengan warna biru sebagai hiasan variasinya
background id Card

4. Nah sekarang buat kotak untuk framenya foto biasanya letaknya di tengah - tengah 
disini saya memakai ukuran 25 mm x 25 mm dan saya rounded sedikit biar kesannya lebih modern dengan Shape Tool alias F10
frame

Ok sekarang masukkan foto ke dalam kotak yang kita buat dengan POWER CLIP, tutorialnya bisa dilihat di tutorial Membuat Pas Foto Corel
Hasilnya :
foto id Card

5. Untuk bagian atas foto biasanya diletakkan logo perusahaan, anda bisa mencari logo atau membuat sendiri logo perusahaan yang sebagaimana telah diajarkan di kumpulan tutorial desain logo di ilmuGrafis :)s 
logo ID Card

6. Nah sekarang gunakan Teks Tool untuk menambahkan nama dan jenis jobs nya
biasanya diletakkan di sebelah bawah foto
teks di ID Card
Untuk tulisan umar saya memakai font type : Vijaya, untuk tulisan Panitia Idul Adha memakai font Arial. Anda bisa memilih font yang anda suka namun usahakan yang mudah untuk dibaca ya 

sip kan, berhubung mau Idul Adha maka contoh kita kali ini adalah ID CARD "Panitia Idul Adha" 
Oh ya bagi yang muslim jangan lupa puasa Arafah tanggal 9 Dzulhijah (Kamis 25 Oktober 2012) ya.Keutamaan puasa Arafah 

7. Ok selanjutnya yaitu proses sebelum dicetak biasanya kita mirror dulu, caranya yaitu seleksi semuanya (ID CARD) beserta komponennya, untuk lebih mudahnya tekan CTRL + A
Lalu klik Mirror Horizontal 
mirror corel
Anda juga bisa membaca tips sebelum membeli ID CARD Printer atau disebut juga mesin pencetak ID CARD Disini 
Terima kasih, Semoga bermanfaat


Sumber:http://www.ilmugrafis.com