Bakar Ikan Sepanjang 9 KM, Pecahkan Rekor Dunia


Bakar Ikan Sepanjang 9 KM, Pecahkan Rekor Duniaindosiar.com, Kutai Kartanegara - (Kamis, 20.09.2012) Ribuan masyarakat Kecamatan Muara Badak, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, bersuka cita. Ambisinya untuk memecahkan rekor Muri akhirnya kesampaian. Untuk rekor kali ini, belasan ribu masyarakat bersama bakar ikan sepanjang sembilan kilometer.
Asap tebal memenuhi kawasan muara Badak di Kutai Kartanegara. Asap ini bukan ditimbulkan dari pembakaran hutan, namun dari ikan yang dibakar nelayan dan warga di daerah ini.
Hari itu, warga dan nelayan di daerah ini mengikhlaskan ikan tangkapannya untuk dibakar di tungku sepanjang sembilan kilometer. Tujuannya hanya satu untuk memecahkan rekor Muri.
Pembakarannya berbentuk huruf L, dengan panjang sembilan kilometer, dan tentu ikan yang dibutuhkan sangat banyak, yakni 10 ton.
Juri dari museum rekor Muri, akhirnya sepakat memberikan piagam rekor Muri setelah memastikan seluruh tungku terisi ikan yang sudah di bakar. Tidak hanya rekor Muri, tetapi juga rekor dunia. Sebelumnya rekor dunia dipegang masyarakat Tapanuli yang hanya mencapai tujuh kilometer pada bulan Agustus lalu.
Setelah rekor terpecahkan, kini waktunya bagi mereka untuk menyantap ikan bakar dan menikmatinya beramai – ramai. (Amir Hamzah/Sup)

Comments

Popular posts from this blog

alamat social network